Mengenal Perbedaan Resolusi Kamera CCTV

Seiring berkembangnya jaman saat ini resolusi kamera CCTV semakin tinggi. Banyak yang belum mengetahui perbedaan resolusi kamera CCTV dan support DVR terhadap resolusi yang dihasilkan kamera. Berikut akan kita bahas mengenai resolusi kamera CCTV yang ada di pasaran indonesia sampai saat tulisan ini dibuat yaitu desember 2019.

Sebelum anda order pemasangan CCTV ada baiknya anda mengetahui perbedaan resolusi kamera agar nanti CCTV yang anda miliki sesuai dengan kebutuhan. Setiap merk CCTV mempunyai type dan resolusi yang berbeda-beda. Ini dimaksudkan agar konsumen bisa memilih mana yang seharusnya dipakai.

Berikut adalah daftar perbandingan resolusi kamera yang ada di pasaran saat ini. Sebagai catatan bahwa tulisan dibuat pada 2019 dan kemungkinan besar tahun mendatang akan ada resolusi dan teknologi kamera yang lebih tinggi.

Tabel Resolusi Kamera CCTV

Ukuran Resolusi Pixel
VGA 640 x 480 0.3MP
Half HD 1180 x 720 0.9MP
SXGA 1280 x 1024 1.3MP
Full HD 1980 x 1020 2MP
5MP
4K 4096 x 2160 8MP
4096 x 2160

Logikanya semakin tinggi resolusi kamera maka akan semakin bagus gambar dan video yang dihasilkan DVR. Biasanya resolusi tinggi digunakan untuk memantau kondisi ruang dalam jangkauan yang agak jauh. Sedangkan untuk resolusi rendah digunakan untuk memantau ruangan yang tidak terlalu besar. Contoh penggunaan kamera resolusi tinggi ini biasanya dipakai di gudang pabrik agar dapat meng-cover seluruh ruangan dengan zoom gambar yang maksimal.

Pilih Resolusi Yang Mana?

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa semakin tinggi resolusi kamera maka akan sebakin jernih gambar yang dihasilkan. Sesuaikan resolusi kamera pada kebutuhan pengawasan. Jika anda menginginkan pantauan ruangan yang lebar maka gunakanlah resolusi 5MP. Tetapi jika anda hanya untuk kebutuhan pengawasan rumah maka 2MP saja sudah cukup meng-cover ruangan.

Perlu diingat bahwa semakin besar resolusi kamera maka DVR yang dipakai juga haruslah support resolusi tinggi juga. Demikan pula dengan harganya semakin tinggi resolusi dan teknologi yang dipakai maka semakin mahal pula harganya.