Memilih Paket Internet Untuk Pantau CCTV Online

Fleksibilitas Fitur CCTV saat ini sudah mendukung pantauan secara online dengan perantara Cloud dari penyedia CCTV. Agar bisa Online maka CCTV membutuhkan paket internet yang handal dan stabil. Untuk anda yang berdomisili di perkotaan tentu saja Paket internet sebagai penunjang CCTV online mudah didapatkan. Tetapi bagaimana dengan daerah pelosok? Apa ada paket data seluler yang mendukung Cloud DVR CCTV?

Secara teori fitur Cloud CCTV Online sebenarnya hanya membutuhkan bandwidth upload saja. Dia hanya membutuhkan file download untuk menangkap perintah dari device client. Cara online CCTV ini menggunakan metode upload data via cloud DVR dan selanjutnya dikirim ke handphone Android kita.

Paket Internet CCTV dari Indihome

Telkom indihome menawarkan bandwidth ulimited tanpa kuota penggunaan data. Jika anda berada di jangkauan Indihome maka paket internet ini bisa menjadi pilihan anda. Hanya perlu membayar abonemen bulanan fix mulai 200 ribuan anda sudah bisa menikmati fitur internet unlimited termasuk untuk CCTV Online.

Sayangnya, bandwidth upload yang diberikan telkom Indihome cukup terbatas yaitu hanya dikisaran 10% dari bandwidth total. Untuk bandwidth download memang sangat besar. Namun untuk CCTV sebenarnya kita cuma membutuhkan bandwidth upload. Agar tetap stabil untuk DVR maka kita hendaknya membatasi penggunaan upload seperti upload video youtube dan video lainnya.

Paket Internet CCTV Provider Seluler

Lokasi CCTV anda di daerah pelosok desa tetap bisa menggunakan fitur pantau jarak jauh. Memanfaatkan perangkat modem dan router yang dibungkan ke LAN DVR maka CCTV sudah online sebagaimana koneksi ISP Indihome.

Permintaan uplaad video CCTV online lumayan tinggi jadi kita harus jeli memilih paket internet ISP seluler. Kalau bisa pilihlah paket internet unlimited tapi dengan koneksi internet latency upload yang bagus. Beberapa ISP seluler yang menyediakan internet unlimited di Indonesia yang bisa menjadi pilihan salah satunya Smartfren.

Sebelum menggunakan provider ISP Seluler pastikan dulu stabilitas jaringan ISP di daerah anda. Kita bisa menggunakan tool Speedtest dari Ookla untuk mengetahui kecepatan download dan upload internet. Prioritaskan untuk menggunakan ISP yang uploadnya lebih dari 2MB karena rata-rata perangkat DVR membutuhkan uplaod speed di atas 1MB.

Kesimpulan

Untuk daerah kota gunakan saja Indihome Fiber Optik tetapi demi stabilitas jaringan kita harus membatasi kebiasaan upload data ke internet. Langganan bulanan fix dan bisa dibilang agak mahal kalau hanya untuk tujuan meng-onlinekan CCTV. Untuk daerah pedesaan kita bisa menggunakan ISP Seluler seperti XL, Indosat, Telkomsel, Smartfren dan lain sebagainya. Tetapi perlu diperhatikan bahwa ISP seluler membatasi penggunaan data dengan batasan kuota atau batasan FUP. Gunakanlah hanya untuk cek CCTV secara wajar karena jika berlebihan maka kuota internet ini akan cepat habis.